Senin, 26 Agustus 2013

PROSES PEMBENTUKAN MORFEM

Harimurti Kridalaksana memberikan perubahan-perubahan fonem yang terjadi akibat pertemuan morfem itu dapat digolongkan dalam sepuluh proses, yaitu:

1.      Pemunculan Fonem
Proses morfofonemik yang paling banyak terjadi ialah pemunculan fonem. Fonem yang muncul itu sama tipenya (homorgan) dengan fonem awal dalam morfem dasar. Perubahan morfofonemik semacam itu menimbulkan alomorf-alomorf dari morfem yang bersangkutan.

2.      Pengekalan Fonem
Proses pengekalan fonem terjadi bila proses penggabungan morfem tidak terjadi apa-apa, baik pada morfem dasar maupun afiks. Morfem dasar dan morfem terikat itu dikekalkan dalam bentuk baru yang lebih konkret.
3.      Pemunculan dan Pengekalan Fonem
Pemunculan dan pengekalan fonem ialah proses pemunculan fonem yang homorgan dengan fonem pertama morf dasar dan sekaligus pengekalan fonem pertama morf dasar tersebut.
4.      Pergeseran Fonem
Pergeseran posisi fonem terjadi bila komponen dari morfem dasar dan bagian dari afiks membentuk satu suku kata. Pergeseran ini dapat terjadi ke depan, ke belakang, atau dengan pemecahan.
5.      Perubahan dan Pergeseran Fonem
Perubahan dan pergesaran posisi fonem terjadi pada proses penggabungan morfem dasar yang berakhir dengan konsonan dengan afiks yang berawal dengan vokal.

6.      Pelesapan Fonem
Proses pelesapan fonem terjadi bila morfem dasar atau afiks melesap pada saat terjadi penggabungan morfem. Misalnya pelesapan fonem /k/ atau /h/ terjadi bila morfem dasar yang berakhir pada konsonan tersebut bergabung dengan sufiks yang berasal dari konsonan juga.
7.      Peluluhan Fonem
Proses peluluhan fonem terjadi bila proses penggabungan morfem dasar dengan afiks membentuk fonem baru.

8.      Penyisipan Fonem Secara Historis
Penyisipan terjadi bila morfem dasar yang berasal dari bahasa asing diberi afiks yang berasal dari bahasa asing.

9.      Pemunculan Fonem Berdasarkan Pola Bahasa Asing
Pemunculan fonem akibat dari mengikuti pola morfofonemik bahasa asing.

10.   Variasi Fonem Bahasa Sumber
Variasi fonem ini mengikuti pola bahasa sumber dan memiliki makna sama dengan bahasa sumber.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut