Senin, 17 Desember 2012

SINOPSIS NOVEL “PERAHU KERTAS” KARYA DEWI LESTARI


Bermula dari kisah Keenan, seorang remaja yang mewarisi bakat ibunya yang bercita-cita menjadi pelukis. Namun pada kenyataannya berbeda, ayahnya tidak mennyetujui jika ia melukis. Setelah kelulusannya dari SMA dia diterima di sebuah perguruan tinggi Bandung, setelah selama enam tahun dia berada di Amsterdam bersama omanya, dan kini perjanjian dengan ayahnya untuk tinggal disana telah habis sehingga ia harus kembali ke Indonesia. Sesuai dengan keinginan ayahnya dia berkuliah di Fakultas Ekonomi.
Di sisi lain persahabatan yang sangat awet pun terjalin antara Noni (Si mother alien) dan Kuggy. Persahabatan yang bermula dari kerjasama ayahnya dalam pekerjaan hingga akhirnya membawa mereka untuk saling kenal.

Kelulusan Noni dan Kuggy dari SMA membawa mereka untuk melanjutkan pendidikan mereka ke salah satu perguruan tinggi di Bandung. Kuggy sejak kecil ingin menjadi juru dongeng, meskipun penulis dongeng bukanlah profesi yang meyakinkan. Karena kegemarannya menulis, Kuggy lantas melanjutkan kuliahnya di Fakultas Sastra.
Pertemuan antara Keenan dengan Kuggy pun tidak terpungkiri, Noni sahabat Kuggy adalah kekasih Eko yang tak lain adalah sepupu Keenan. Akhirnya mereka saling kenal dan jadilah empat sekawan.
Tanpa disadari, Kuggy dan Keenan saling mengagumi hingga timbul perasaan cinta yang tidak mungkin bisa diungkapkan. Karena Kuggy telah memiliki sosok Joshua, alias Ojos (panggilan khas yang diciptakan Kuggy) yang telah menjadi kekasihnya sejak ia di Jakarta. Sementara Keenan telah dicomblangkan oleh kedua sahabatnya dengan sepupu Noni, seorang kurator muda bernama Wanda.
Setelah berjalan sekian lama persahabatan mereka mulai merenggang. Kuggy mencari kesibukan sebagai guru relawan di sebuah sekolah darurat yang bernama Sakolah Alit, agar ia tidak mengingat sosok Keenan yang telah resmi menjadi kekasih Wanda. Di Sakolah Alit ia merasa agak terhibur dengan adanya anak-anak, Pilik salah satunya. Pilik anak yang nakal namun sangat cerdas. Dengan kemampuannya membuat dongeng, Kuggy mampu menaklukkan anak-anak agar tertarik untuk belajar. Dongeng yang mengisahkan petualangan kehidupan mereka sendiri itu berjudul Jendral Pilik dan Pasukan Alit. Kuggy berniat kelak jika dongeng itu telah jadi akan diberikan pada Keenan.
Hubungan Keenan dengan Wanda mulai bermasalah, setelah Keenan mengetahui apa yang dilakukan Wanda, hingga impian terbesarnya harus hancur dalam semalam dan hubungan merekapun ikut hancur. Dengan meminta restu ibunya, ia pergi ke Ubud untuk mengobati sakit hatinya terhadap peristiwa yang telah menimpanya. Ia tinggal bersama Pak Wayan, sahabat ibunya, dan keluarga Pak Wayan yang memang keluarga seniman menerimanya dengan senang hati.
Keberadaan Keenan di Ubud sedikit mampu mengobati rasa sakitnya, terlebih sosok Luhde Laksmi, keponakan Pak Wayan, yang selalu mendukung niatnya untuk kembali melukis. Berbekal cerita Jendral Pilik dan Pasukan Alit pemberian Kuggy, ia mulai melukis kembali. Tak disangka lukisan yang ia buat banyak disukai dan diburu para kolektor.
Kebersamaan Kuggy  dengan sahabatnya pun semakin lama semakin merenggang. Kesendirian itu membuatnya merasa sangat kesepian, hingga akhirnya ia memutuskan untuk mempercepat kuliahnya dengan mengikuti semester pendek. Alhasil dia berhasil menyelesaikan kuliahnya selama tiga tahun dengan hasil yang memuaskan, A+ yang membuat keluarganya bangga padanya.
Setelah kelulusannya sambil menunggu wisuda Kuggy ingin mengisi waktunya dengan bekerja, dengan di bantu kakaknya Karel akhirnya ia menemukan tempat kerja di biro iklan jakarta milik teman Karel, Remigius Aditya. Kuggy bekerja sebagai copywriter, namun tanpa disangka meskipun tergolong pegawai baru dan termuda, hasil pemikirannya yang jenius membuatnya menjadi orang yang diperhitungkan di kantornya dan ia berhasil menduduki jabatannya sebagai project leader.
Diam-diam Remi mengamati Kuggy, ia menyukai kejeniusan, semangat dan keunikan yang dimiliki Kuggy. Dan akhirnya Remi mencoba mengungkapkan isi hatinya saat acara tahun baru bersama rekan-rekan kantornya di sebuah cottage, dengan tanpa berkata apapun Kuggy mulai luluh pada Remi yang tulus mencintainya.
Sepeninggal Keenan ke Ubud, ayah kenan terserang strok yang menurut dokter disebabkan karena kelelahan atau stress dan  hanya bisa disembuhkan dengan sebuah keajaiban karena dokter sudah tidak mampu untuk menanganinya. Tanpa pikir panjang akhirnya Lena, ibu Keenan, menjemputnya ke Ubud karena hanya dia yang tahu keberadaan Keenan. Keenan pun kembali ke Jakarta dan membuat ayahnya kembali membaik karena kehadirannya.Ia harus melanjutkan perusahaan ayahnya, meskipun sangat tidak ia harapkan, sampai ayahnya kembali pulih.
Selama tinggal di Jakarta pertemuan Kuggy dan Keenan, di acara pertunangan Noni dengan Eko, pun tak dapat dihindari, keberadaannya dalam satu kota membuat mereka kembali teringat masa lalu. Bahkan empat sekawan yang telah sekian tahun berpisah kini bersatu kembali. Namun ujian itu datang lagi, kenangan-kenangan masa lalu dan perasaan yang selama ini ditepisnya kini kembali. Mereka pun pasrah pada apa yang mereka hadapi, mereka biarkan cinta itu mengalir tanpa tahu akan berlabuh dimana.
Layaknya perahu kertas yang dihanyutkan di parit, di empang, di sungai dan dimana pun, tetap akan bermuara di tempat yang sama. Begitu juga cinta Keenan dan Kuggy yang akhirnya bertemu layaknya muara air yang menyatu.




1 komentar:

Pengikut